Manfaat laut bagi kehidupan manusia

Manfaat laut bagi kehidupan manusia

Manfaat laut bagi kehidupan
Photo by pixabay
Para pembaca yang saya hormati di manapun anda berada sepertinya anda adalah salah satu orang yang cinta alam terlihat anda telah mencari materi tentang Manfaat laut bagi kehidupan manusia, dan disini aku akan bagikan kepada kamu tentang beberapa Manfaat laut yang telah kita lihat betapa luasnya laut yang ada di muka bumi ini yang mana luasnya lautan melebihi luas daratan, kita harus bersyukur atas nikmat tuhan yang telah di berikan kepada kita salah satunya laut ini, didalam kehidupan manusia laut sangat berperan penting dalam kemajuan perekonomian khusunya perikanan dan lainnya, mungkin kita tidak bisa menghitung satu persatu betapa banyak manfaat laut dalam kehidupan manusia. dan disini akan saya tulis beberapa manfaat dari laut bagi kehidupan manusia.

Menurut ensiklopedi laut adalah sekumpulan air asin yang berhubungan dengan samudra yang memisah dari pulau satu ke pulau yang lain dari benua ke benua yang lainnya, air laut tergolong air murni 96,5% jadi bisa di gunakan untuk air minum jika anda mau, karena airnya yang asin membuat saya tidak mau meminumnya, asinnya pun tidak seang-sedang namun lumayan asin sangat, dan selebihnya air laut adalah material seperti garam-garaman, gas-gas berlarut, pecahan-pecahan organik, partikel-partikel tak terlarut yang kurang lebih hanya 3.5%.

Laut sebagai sumber kehidupan manusia

Air adalah sumber kehidupan paling nyata kita bayangkan saja jika tidak ada hujan dalam 1 tahun tentu tumbuh-tumbuhan akan banyak yang mati seperti pohon karet, sawit, pisang dan lain-lain, jika penghasilan ekonomi manusia dari hasil karet jika karet mati maka manusia tidak ada penghasilan begitu juga bagi penghasil sawit, pisang dan yang lainnya jika pohon-pohon penghasil ekonomi tersebut tidak terkena hujan dalam jangka satu tahun misalnya maka semua akan mati karena pohon-pohon tersebut juga butuh air, dan jika pohon-pohon tersebut telah mati maka manusia tidak ada pengasilan sama sekali, dan jika manusia tidak ada penghasilan dalam kehidupannya maka manusia tidak dapat membeli bahan pokok yang untuk di makan, dan jika manusia tidak bisa makan karena tidak dapat mencari bahan poko yang untuk di makan maka manusia senantiasa akan kelaparan dan jika manausia kelaparan dalam jangka waktu yang cukup lama maka akan mengalami mati, lalu dari manakah penyebabnya? tiada lain adalah karena tidak ada air, jadi sangatlah penting air dalam kehidupan manusia di muka bumi ini. dan sumber air yan paling besar adalah laut.

Peduli dengan lingkungn sekitar samaa dengan peduli dengan laut

Manfaat air bagi kehidupan
jadi sudah sepantasnya kita turut melestarikan air laut kita, dan jika kita tidak bisa melestarikan di tempat lokasi setidaknya kita peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar, karena kotoran yang ada di lingkunagn sekitar kita terahir jatuh ke sungai dan setelah dari sungai maka terahir akan jatuh ke laut, jika kita tidak peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar maka sama halnya kita tidak peduli dengan kelestarian air laut, maka kami resmi mengajak anda "Mari kita peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar" ajakan saya kepada kamu sekalian karena saya merasa terpukul ketika saya melihat ada orang yang membawa kotoran dalam karung yang cukup banyak dan dia telah membuangnya di tengah-tenga sungai, hal ini tidak membuang di pinggir sungai lagi bahkan ditengah-tengah sungai karena dalam keadaan di tengah-tengan jembatan dan pada waktu itu saya melihat secara nyata dengan mata kepala saya sendiri. hal inilah saya sangat terpukul dengan tindakan dia yang sma sekali tidak peduli dengan air, padahal jika kita bayangkan air ini akan di butuhkan bukan hanya kita namun bagi anak cucu kita kelak, lantas bagaiman jika setiap hari satu-2 karung dan pada ahirnya dalam jangka wakti 10 tahun 1x10 tahun = 3500 karung sungguh akan menjadi pemandangan yang mengerikan bagi anak-cucu kita kelak, sungguh mengerikan.

sungai kotor sangat berbahaya
Benar apa yang telah di firmankan bahwa kerusakan alam karena memang tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, mereka di beri amanat yaitu bumi seisinya namun mereka telah menghianati dengan cara merusaaknya, masikah anda tidak inginmembagikan sebuah kepedulian ini terhadap sesama? mari kita peduli dengan alam sekitar terkhusus terhadap air, dan jika jika kita lemah maka setidaknya kita mendukung artikel ini untuk di sebar luaskan. agar dunia melihat betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia di zaman sekarang, besok dan selamanya dan ahirnya betemu dengan anak cucu kita. semoga kita tidak keras hati.

Manfat laut bagi kehidupan manusia

Ok langsung saja demikianlah beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia, yang akan saya sajikan secara singkat dan padat:
  1. Laut sebagai sumber makanan, kita tentu sudah tahu dari mana asalnya rumput laut, garam, ikan asin, tersi dan lain sebagainya tidak lain adalah berasal dari laut, jika kita kehilangan laut maka selamanya anda tidak akan menikmati betapa nikmatnya ikan asin jika untuk lauk anda saat makan dengan sambal terasi.
  2. Laut sebagai sumber ekonomi, bisa kita bayangkan jika para nelayan ikan kehilanagn laut maka hendak kemana mereka mencari penghasilan, dan bukan hanya para nelayan para industri-indusri kelas atas juga butuh dengan adanya laut seperti pertambangan minyak dan lain sebagainya
  3. Laut sebagai pengontrol iklim, kita tentu sudah tahu bahwa luas laut melebihi luas daratan yaitu sekitar 70 % dalah luas laut, jika anda pernah mempelajari Ilmu pengetahuan alam dasar bahwa air laut yang terkena panas sinar matahari akan menguap dan menggumpal menjadi mendung dan pada ahirnya anginpun menyambutnya dan megurikan dan menjadi air hujan begitu seterusnya laut bisa menjadi alat akur terjadinya hujan. kalau kita amati jika musim saat matahari berada di bagian yang tepatnya banyak daratnya maka akan jarang hujan karena sangat sedikit uap yang didapatkan, namun jika sudah masuk musim kedua dan matahari sudah mulai pindah tempat yang mana sinar-sinar matahari banyak yang mengenai air laut maka akn sering terjdiny hujan karena sangat mudah untuk menghasilkan uap.
  4. Laut sebagai jalur transportasi, jika anda tidak tahan dengan kendaraan darat maka anda bisa memilih jalur laut yang kemungkinan akan terasa beda, atau bahkan malah tambah parah. intinya laut bisa kita jadikan untuk jalur transportasi yang tentunya anda juga butuh dengan kendaraan transportasi laut seperti perhu atau kapal.
  5. Laut sebagai tempat budidaya, yaitu tepatnya di bibir-bibir pantai, jika saya lihat sangat banyak orang-orang yang mengebangkan budidaya seperti budidaya tambak, budidaya rumpt laut atau lainnya hal ini sangat menarik untuk anda coba.
  6. Laut sebagai tempat wisata, yang ini tentunya sudah tidak anda ragukan lagi karena anda memang suka bermain di pantai, begitu nikmatnya memandangkan keindahan laut dari resah menjadi gembira, mari kita bersyukur al-hamdulillah.
Ok demikianlah beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia, begitu banyak manfaat namun cukup saya sebutka 6 manfaat laut bagi kehidupan manusia yang bisa mewakili sekian banyak manfaat yang terkandung pada laut, dan jangan lupa pesan saya di atas tadi mari kita peduli dengan lingkungan. sampai jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat laut bagi kehidupan manusia"

Post a Comment

Silahkan di komentari