Manfaat-Lab

Manfaat Alam, Manfaat tumbuhan, manfaat hewan, manfaat bunga Bagi Kehidupan Manusia

Bunga Krangkong serta manfaatnya

Baiklah pemirsa blog manfaat-lab kali ini akan saya bagikan sebuah bunga liar yang biasa tumbuh di pinggir sungai, sawah, kolam, rawa-rawa dan tempat-tempat berair lainnya yaitu bunga Krangkong. Dan pada kesempatan ini saya mendapatkan gambar ini di daerah lampung tepatnya di persawahan desa mekar sari Kecamatan Pasir sakti Kab. Lampung timur.

Bunga Krangkong serta manfaatnya

Nama Ilmiah dari bunga krangkong inu adalah Ludwigia adscendens (L.) Kara. Dan jika di daerah anda kemungkinan namanya akan berbeda. Orang Batak menamai bunga krangkong dengan Buang-buang, Sunda: Kambang peucit, Kaloga, Ganggeng landeuy, Jawa: Krangkong, Krema, Pacar banyu, Tapak doro, Madura: Pangeor

Dari batang, daun serta bunganya memilki manfaat yang cukup banyak untuk anda ketahui. Namun sebelum anda mengetahui manfaat-manfaat bunga krangkong ini maka anda bisa mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut:

Ciri-ciri bunga krangkong

Jika anda belum begitu paham dengan tumbuhan krangkong ini bisa saya kasih ciri-cirinya terlebih dahulu. Di antara ciri-ciri bunga krangkong ini di antaranya adalah:

Pohonnya melata atau merambat merayap di dataran rendah dengan tinggi pohon sekitar 100-170 cm bahkan lebih. Memilki batang bulat berlubang tengah (berongga) dan biasanya berbunga pada bulan mei-agustus, akar serabut berdaun tunggal berwarna hijau dengan bentuk bulat telur, tangkai pendek

Daun: Tunggal, tanpa daun penumpu, duduk berseling, tersebar, tangkai pendek, bentuk bulat telur.

Bunga memiliki warna putih berpaduan ungu dengan memiliki benang sari retatur.

Adapun buahnya Tunggal, buni, bentuknya seperti kapsul  yang memanjang panjangnya sekitar 2-3 cm, sedangkan bijinya berbentuk Bulat, keras, coklat kegitaman dan berjumlah banyak.

Ekologi dan Penyebaran

Bunga Krangkong serta manfaatnya Merupakan tumbuhan air yang biasa tumbuh secara liar di tepi-tepi sungai, sawah atau ditempat-tempat yang berair, pada ketinggian 10 m sampai 1600 m di atas permukaan laut.

Kandungan Kimia

Seluruh bagian tanaman krangkong mengandung saponin, kardenolin dan flavonoid.

Khasiat Bunga Krangkong

Bunga Krangkong juga memilki manfaat atau khasiat yang perlu anda ketahui yaitu: Daun, atau seluruh bagian tanaman krangkong dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan berkhasiat untuk anti nyeri, penurun panas dan peluruh air seni.

Untuk obat sakit kepala seluruh bagian tanaman krangkong segar sebanyak 30 gram, dicuci direbus dengan 200 ml air sampai mendidih selama 10 menit, disaring, setelah dingin diminum sekaligus, dilakukan 2 kali sehari, untuk obat demam seluruh bagian tanaman krangkong segar sebanyak 60 gram dicuci direbus dengan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit, disaring, setelah dingin diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Sumber : Pengalaman sekitar
http://dishut.jabarprov.go.id/index.php?mod=manageMenu&idMenuKiri=679&idMenu=685.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Bunga Krangkong serta manfaatnya"

Silahkan di komentari

 
Copyright © 2015 Manfaat-Lab - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia