Bunga Pukul delapan, Yolanda, pagi sore

Bunga Pukul Delapan (Turnera ulmifolia L.), Baiklah pemirsa blog manfaat-lab kali ini saya kedapatan bunga yang lumayan indah di pandang, namun belum tahu namanya, setelah cari informasi kesaana kemari selama satu minggu ahirnya saya kedapatan banyak nama dengan bunga ini, Baiklah langsung saja sambil kalian simak bentuk bunganya barang kali kedapatan di sekitar kalian dan belum tahu namanya bunga ini:

Bunga Pukul delapan, Yolanda, pagi sore


Awalnya saya juga tidak tahu nama bunga ini, dan setelah saya cari informasi yang memakan waktu cukup lama, dan ternyata saya kedapatan nama yang banyak, jadi ada banyak nama dengan bunga ini, beda daerah beda nama, dan berikut sedikit penjelasan dengan bunga nama bunga tersebut:

Bunga tersebu bernama Bunga pukul delapan, ada juga yang menamakan bunga Yolanda serta bunga pagi sore, lebih umum di kawasan sini dengan sebutan bunga pagi sore, tidak tentu di daerah kalian dengan nama ini, karena beda daerah bisa saja beda nama.

Nama ilmiah bunga ini adalah Turnera ulmifolia. Klasifikasi lebih tinggi : Turnera. Bunga pukul delapan yang juga dikenal dengan nama lidah kucing adalah spesies tumbuhan dari famili Passifloraceae, yang berasal dari Meksiko dan Hindia Barat ( sumber : Wikipedia.). ada-ada juga yang menamakan dengan nama bunga tersanjung dengan alasan bunga tersebut muncul di sinetron Tersanjung, wkwkwk. dan disini saya sebut saja bunga Pagi sore. dan ternyata ada beberapa manfaat dari bunga pagi sore ini yang bisa kita ambil sesuai informasi yang kami dapatkan:

Manfaat bunga pagi sore/pukul delapan

Komposisi atau kandungan Daun dan batang bunga pagi sore ini terdapat saponin dan polifenol. Daunnya juga mengandung flavonoid. Kandungan antibiotik pada bunga pagi sore/pukul delapan memang cukup baik untuk daya tahan tubuh. Dan terutama yang terdapat pada akarnya. Oleh karena itu, banyak dari kalangan masyarakat merebus akar untuk dijadikan jamu tradisional atau minuman sehat dari alam. dan sebagian manfaatnya yaitu:

  1. Bunga pukul delapan berkhasiat tonik dan melancarkan aliran darah.
  2. Rematik sendi disertai bengkak, bengkak akibat memar
  3. Mengatasi nyeri pada sendi dan otot, rematik sendi yang di sertai bengkak
  4. Gangguan pencernaan seperti perut kembung, tidak nafsu makan, rematik sendi yang disertai bengkak
  5. Antibiotik alami untuk mencegah terjangkit virus, kuman dsb.
  6. Menyembuhkan memar atau pembengkakan akibat benturan.
  7. Mengobati rematik. dll

Caranya pengobatan:


  1. Cuci akar segar bunga pagi sore atau pukul delapan, lalu di potong-potong sesuai kebutuhan. Rebus air secukupnya hingga airnya tersisa sekitar satu gelas.
  2. Setelah dingin, kemudian silahkan anda saring, dan minum sehari 2 kali, dalam seharinya setengah gelas.
  3. Untuk obat luar, tumbuk daun segar secukupnya, tambahkan kapur sirih (secukupnya), lalu aduk rata. Tempelkan pada bisul atau bagian tubuh yang bengkak dan memar, lalu balut.
Catatan : 
Bunga pukul delapan satu marga dengan damiana (Turnera diffusa), herbal yang berkhasiat mengatasi pembengkakan prostat (hipertrofi prostat) clan gangguan disfungsi ereksi. Rasanya pahit, pedas, dan sifatnya hangat. bagian yang dapat digunakan adalah fokus pada daun dan akar

INDIKASI

Daun dan akar :
gangguan pencernaan, seperti perut kembung, tidak nafsu makan, rematik sendi yang disertai bengkak, o bengkak karena memar, dan lemah setelah sembuh dari sakit berat.


Beberapa komentar mengenai bunga pukul delapan atau pagi sore:

Iya nih saya malah gak tau namanya.. aku sih namain sendiri bunga tersanjung, soalnya mirip bunga di sinetron tersanjung hehe.. barang kali ada teman2 KP lain yg tau namanya?

Ini aja aku metik steknya dipinggir sawah terus ku tancepin kok alhamdulillah idup... Tapi sayang mekarnya cuma setngah hari...

yanti: Aq bilangnya bunga pagi sore hehe

Bang Said wah ternyata namanya banyak ya bun..yanti
bRay : aku milih yolanda deh.. cantik namanya... :smuggrin:

zephyranthes Ini turnera subulata, atau bunga pukul 8 di tukang tanaman disebut yolanda. Salah satu tanaman refugia atau pengalih dan pengusir hama. Mekar hanya sampai jam 12 an. Kalau yg kuning, bisa mekar sampai jam 2 an

Bang Said  : zephyranthes : wah bisa mengalihkan hama ya.. pantesan di daerahku sini ada yg ditanem di pinggiran2 sawah... Jadi bagus sawahnya kalau pagi... Banyak bunga2.. hehe..

Demikianlah tadi mengenai bunga pagi sore atau bunga pukul delapan, semoga bermanfaat. sampai jumpa dan nantikan pada post berikutnya, salam. Sumber tambahan : http://herbanusa.blogspot.co.id/2013/01/bunga-pukul-delapan-turnera-ulmifolia-l.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunga Pukul delapan, Yolanda, pagi sore"

Post a Comment

Silahkan di komentari