Keunikan Bunga Putri malu jika sentuh

Keunikan Bunga Putri malu jika sentuh

Baiklah para pemirsa blog manfaat-lab, kali ini akan saya bagikan kepada para pemirsa sekalian tentang Keunikan Bunga Putrimalu jika sentuh atau di gerak-gerakkan daun atau batangnya, siapa tahu di daerah anda belum ada jenis bunga yang malu-malu ini jika di sentuh, lalu Mengapa Daun Putri Malu Mengatup Ketika Disentuh? Sebelum saya bagikan alasan kenapa bunga putri malu akan menutup daun-daunnya jika di sentuh maka ada baiknya anda ketahui juga apa itu bunga putri malu dari jenis tanaman apa.

Pengertian bunga putri malu

Bunga Putri malu adalah salah satu jenis tumbuhan liar berduri yang bisa tumbuh di daratan baik tropis (panas) maupun subtropis yaitu iklim dimana tingkat kelembabannya lebih rendah dari tropis, Putri malu juga sering di sebut dengan Mimosa pudica yaitu perdu pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/layu dengan sendirinya saat disentuh.


Keunikan Bunga Putri malu jika sentuh

Mengapa Daun Putri Malu Mengatup Ketika Disentuh? Inilah Alasannya

Lalu kenapa daun putri malu akan mngatup atau menutup jika di sentuh, baik di sentuh oleh tangan manusia maupun benda-benda lainnya? salah satu alasannya yang saya dapatkan dari ketahui.com adalah "Karena bagian tertentu dari sel tanaman yang satu ini kehilangan tugornya".

Maksud Tekanan tugor di sini adalah tekanan yang terjadi pada dinding-dinding sel oleh air yang berada pada vakuola atau lubang sel dan isi sel yang lainnya. Sehingga ketika tanaman putri malu ini mendapatkan sebuah rangsangan dari luar, maka bagian tertentu dari batangnya akan terstimulasi untuk melepaskan zat kimia tertentu termasuk juga ion potasium yang membuat air keluar dari lubang sel atau vakuola, serta air berdifusi keluar sel, sehingga dengan begitu akan menyebabkan hilangnya tekanan di dalam sel, maka dari itu sel akan menjadi kempis. dan berikut adalah daun putri malu yang masih tampak segar mekar sebelum di sentuh:

Keunikan Bunga Putri malu jika sentuh

Alasan lain kenapa bunga putri malu mengatup jika di sentuh

Selain daripada itu Daun tanaman putri malu yang mengatup/menutup ketika disentuh tersebut juga terjadi karena adanya perbedaan tekanan di antara bagian-bagian tertentu yang ada di dalam sel. Daun-daun yang berdekatan dengan daun yang mengatup juga akan sama mendapatkan rangsangan, sehingga dengan begitu daun tersebut juga akan sama mengatup. Selain sentuhan dan rangsangan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, tanaman putri malu juga akan mengatup saat matahari terbenam dan merekah saat matahari terbit. dan berikut adalah daun putri malu setelah saya sentuh sebagian daunnya:

Keunikan Bunga Putri malu jika sentuh

Laporan penelitian tumbuhan putri malu

Berdasarkan para peneliti, kemampuan tanaman tumbuhan putri malu ini dalam menyusutkan atau mengempiskan bagian-bagian tertentu seperti daun merupakan sebuah pertahanan yang dimiliki oleh tanaman itu sendiri, Karena mugkin saja hewan pemakan tumbuhan akan takut dan kaget pada tanaman yang mampu merespon rangsangan luar dengan sangat cepat, sehingga dengan begitu akan mengusir hewan yang akan memakan tumbuhan tersebut, kemudian akan memilih tumbuhan lainnya utuk dimakan. 

Daun putri malu yang mengatup/menutup tersebut memiliki perbedaan warna dengan daun yang masih mekar. Dimana warna daun yang mengatup karena mendapatkan rangsangan dari luar akan terlihat lebih pucat dibandingkan dengan warna daun yang lainnya, keadaan ini juga akan membuat hewan pemakan tumbuhan putri malu ini enggan untuk memakannya.

Untuk bisa lebih jelas menyaksikan keunikan dari bunga putri malu ini, anda bisa langsung saksikan pada video yang telah kami sajikan di bawah ini:


Demikianlah tadi tentang Keunikan Bunga Putri malu jika sentuh, semoga bermanfaat.

Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Putri_malu
http://ketahui.com/mengapa-daun-putri-malu-mengatup-ketika-disentuh-inilah-alasannya

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Keunikan Bunga Putri malu jika sentuh"

  1. Terimakasih banget infonya sangat membantu.
    selain unik, olahan tanaman putri malu ternyata juga bisa digunakan menjadi suatu produk kesehatan perawatan luka kaki diabetes (foot spa), inovasi itu berjudul “MimoSpa” yang merupakan hasil penelitian mahasiswa UNAIR --> Produk kesehatan Mimospa

    ReplyDelete

Silahkan di komentari