Manfaat tumbuhan Alang-alang liar

Tahukah anda Manfaat tumbuhan Alang-alang liar? ternyata alang-alang atau sering juga di sebut dengan ilalang ini banyak manfaat yang terkandung pada tumbuhan yang memiliki daun panjang serta akar yang memiliki rasa manis. Jadi kali ini akan saya bagikan tentang Manfaat tumbuhan ilalang atau alang-alang untuk anda ketahu. di daerah kami tumbuhan ilalang ini banyak yang menyebut dengan nama alang-alang, bentuk tumbuhan ini panjang daunnya. tumbuhan ilalang ini tidak semua daerah ada   namun di daerah kami lumayan banyak. Dan jika di daerah dan kebun anda tidak terdapat tumbuhan semacam alang-alang ini maka berikut saya ambilkan foto yang saya ambil di pinggir jalan:

Manfaat tumbuhan Alang-alang liar

Manfaat tumbuhan Alang-alang liar

Adapun salah satu manfaat dari tumbuhan ilalang atau alang-alang ini diantaranya adalah :
  1. Manfaat yang pertama dari alang-alang atau ilalang ini adalah daunnya bisa untuk atap rumah   karena daunnya yang memanjang bisa di jadikan sebagai atab rumah. Di daerah kami atap rumah tersebut dinakan dengan welit.
  2. Untuk manfaat yang kedua Akarnya bisa digunakan obat luka baru. Jadi jika suatu saat anda terkena pisau atau golok (tanpa mengharap) maka anda bisa memanfaatkan akar alang-alang ini. adapun caranya adalah akar alang alang yang masih muda dan berwarna putih dan memiliki sedikit rasa manis ini di tumbuk atau di lembutkan, anda juga bisa menggunakan gigi anda dalam menumbuk (java:di kunyah) kemudian tempelkan hasil tumbukan dari akar ilalang ke luka baru dan biarkan hingga kering, insyaallah luka anda akan cepat kering dan pada ahirnya akan cepat sembuh.
Demikianlah 2 manfaat dari tumbuhan ilalang dari daun dan akarnya, mungkin ada manfaat yang lain yang belum terungkap dari tumbuhan alang-alang ini. semoga bermanfaat, salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat tumbuhan Alang-alang liar"

Post a Comment

Silahkan di komentari