Manfaat-Lab

Manfaat Alam, Manfaat tumbuhan, manfaat hewan, manfaat bunga Bagi Kehidupan Manusia

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong, Baiklah pemirsa blog manfaat-lab.blogspot.com tadi sore saya baru saja menyambung antara pohon cepokak dengan terung/terong, yang mana cepokak sebagai pohonnya dan terung sebagai atasnya, dan hasilnya pohon cepokak berbuah terong, menarik bukan..? ada yang menamakan ini juga dengan stek terong dengan sepokak.

Jadi nantinya kalau berhasil pohon cepokak yang anda milki akan berbuah terung. Lalu apa manfaatnya kok repot-repot di sambung segala..? Karena hasil peesilangan antara cepokak dengan terung akan menghasilkan buah terung yang lebat dan besar.

Kebetulan saya sering juga dalam proses sambung-menyambung tanaman baik sayuran maupun bunga. Pada saat itu bunga yang saya sambung bunga kertas karena bunga kertas banyak macamnya dan harapan saya satu batang bunga kertas bisa menghasilkan bermacam-macam bunga yang berbeda warnanya, ada yang merah, putih, kuning dan lain sebagainya.

Dan alhamdulillah bunga yang saya sambung juga banyak yang berhasil, begitu juga dengan tanaman atau sayuran juga gitu banyak yang berhasil, jadi mudah untuk Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terung ini. Baiklah langsung saja demikiablah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah persiapan menyambung terong dengan pohon cepokak

  1. Cari pucuk dari tanaman terung yang masih muda (tidak terlalu tua/muda)
  2. Cari pohon cepokak yang baru tumbuh subur-suburnya
  3. Gagang pucuk terung tadi di iris kanan kiri sehingga kulit akan membuka dan akan terdapat kambiumny, seperti pada gambar berikut:
    Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong
  4. Potong pohon cepokaknya bagian pucuk juga (tidak terlalu pucuk)
  5. Belah pucuk pohon cepokaknya yang baru di potong tadi
  6. Masukkan pucuk terung yang sudah di iris sisi kanan kirinya tadi kedalamnya, dan usahakan di ujungnya menjadi lebih tipis seperti berikut:
    Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong
  7. Lalu Tali sambungan dengan menggunakan tali plastik elastis yang bisa molor kaya karet (bisa menggunakan plastik bekas wadah es)
  8. Kemudian bungkus hasilnya dengan menggunakan plastik 1/2 kiloan atau yang secukupnya

Nah sekarang sambunagan pun telah selesai, nanti jadinya akan sebagai berikut:

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong

Jika telah selesai menyambung serta di tali maka silahkan anda bungkus sekira pucuk terong tertutup semua menggunakan plastik putih bersih, yaitu seperti pada gambar berikut:

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong

Dan biarkan hingga beberapa hari, kurang lebih 4-7 hari bisa lebih baru plastik di buka, dan berikut sekalian saya beeikan beberapa tipsnya agar menyambung anda berhasil dan bisa hidup:

Tips agar hasil menyambung tanaman bisa hidup

dan sebagai tips tambahan agar hasil sambungan tumbuhan cepokak dengan tetong anda berhasil dan bisa hidup yaitu sebagai berikut:

1. Berikan pelindung dari kontak langsung dengan panasnya sinar matahari, dengan cara di tutup dengan apa saja sekira bisa sebagai atap untuk melindungi.

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong


2. hilangkan pupus atau tunas pohon cepokak yang tumbuh di sekitar tangkai agar proses lebih fokus ke pertumbuhan terungnya. Perhatikan pada gambar berikut:

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong

Bisa juga anda sisakan tunas atau pupus 1 saja agar nantinya bisa untuk menyambung jenis terong yang lain, bisa jadi satu pohon cepokak memilki buah terong dengan macam-macam jenis terong.

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong

Demikianlah tadi langkah-langkah untuk menyambung pohon cepokak dengan pohon terung agar buah terung menjadi lebih lebat dan kokoh, untuk rasanya masih tetap seperti halnya terung seperti biasanya tidak seperti cepokak.

Update per tanggal 14/03/2017. Jika kulit terong dan cepokak sudah terlihat menyatu (kurang lebih waktu 1/2 bulan) maka silahkan anda lepas talinya seperti yang telah kami lakukan tadi pagi:

Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong

semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Salam.
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Cara menyambung pohon Cepokak dengan Terong"

Silahkan di komentari

 
Copyright © 2015 Manfaat-Lab - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia