Manfaat hutan bagi kehidupan manusia

begitu banyaknya pembakaran hutan yang ada di indonesia membuat saya ingin membagikan beberapa manfaat dari hutan tersebut bagi kehidupan manusia, khusunya kita yang masih hidup dan umumnya bagi anak cucu kita kelak, sehingga dapat menjadi sebuah renungan bagi kita semua. jadi hutan yang ada di atas muka bumi ini menyimpan bermacam manfaat, baik bagi manusi, hewan. berikut adalah manfaat hutan bagi kehidupan manusia:

5 Manfaat Utama hutan

1. Penetralsir karbondiosida (CO2), karena tumbuhan jika siang akan mengeluarkan oksigen, sehingga dengan semakin banyaknya pohon-pohon yang rimbun yang notabene terdapat dari hutan maka akan menambah dan memperbanyak kandungan oksigen atau O2, sehingga semakin banyak O2 dalam lingkungan sekitar akan mengalahkan kandungan karbondioksida.

tentu kita tahu apa manfaat oksigen untuk manusia, yaitu untuk kita bernafas, semakin bersih udara dari kandungan karbondioksida atau CO2 maka semakin sehat tubuh kita, jadi sangatlah penting O2 bagi manusia.

2.  Mencegah erosi, Khususnya hutan yang ada di sekitar laut yang sangat rentang dengan longsor di terjang ombak, maka hutan akan menahan segala rintangan ombak yang menghantam, begitu juga hutan akan mencegah terjadinya lonsor ketika hutan lebat datang, gunung-gunung, bukit-bukit jika tanpa pepohonan atau gundul maka sangat mudah untuk longsor, sebagai penghalangnya adalah pepohonan tersebut atau hutan

3. Sumber rezeki, begitu banyaknya yang bisa di dapat dari hutan ini membuat saya memasukkan salah satu manfaat hutan sebagai sumber rezeki, salah satunya adalah rezeki dari hasil kayu, jika kita bisa memanfaatkan kayu-kayu yang ada di hutan dengan baik artinya tidak membabi buta maka akan
aman dari terjadinya longsor, sehingga selain kita dapat menghasilkan rizki dari hasil hutan juga aman dari lonsor, karena menghasilkan kayu dengan cara aman yaitu tidak semua pohon harus di tebang.

4. Sumber makanan, jika anda tersesat di tengah hutan yang rimbun maka anda tidak perlu khawatir kelaparan, namun khawatirlah tersesat di tengah hutan dan tidak bisa pulang, karena makanan akan banayak anda temui didalam hutan dari buah-buahan, biji-bijian yang bisa kita makan, lalu bagaimanakah untuk memeriksa makanan itu berbahaya bagi manusia atau tidak saat dlam hutan? jawabannya adalah silahkan anda lihat kera d sekeliling, jika kera mau makan dan tidak mati maka bisa di pastikan makanan tersebut aman bagi manusia juga.

5. Sebagai habitat mahluk hidup, Hutan juga sebagai tempat para hewan untuk bisa melanjutkan hidup seperti kera, orang utan, kijang, burung, dan lain sebagainya, mereka semua butuh tempat tinggal yang nyaman seperti layaknya manusia, sedangkan tempat tinggal mereka adalah hutan tersebut, bagaimana rasanya jika rumah anda terbakar? tentu anda akan merasa resah. begitu juga dengan hewan-hewan tersebut bukannya tempat tinggal mereka terbakar bahkan malah dibakar tentu akan menyengsarakan mahluk hidup seperti hewan, sehingga akan menyebabkan cepat punah.

Ok demikianlah sharing kami tentang Manfaat hutan bagi kehidupan manusia dan hewan, semoga bermanfaat. silahkan anda simak juga Manfaat sungai bagi kehidupan manusia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat hutan bagi kehidupan manusia"

Post a Comment

Silahkan di komentari