Manfaat sungai bagi kehidupan manusia

Sungai yang memanjang di atas bumi mempunyai beberapa manfaat yang sangan banyak bagi kehidupan manusia, namun sebelum anda mengetahui beberapa manfaat sungai anda harus mengetahui macam-macam sungai yaitu sebai berikut:

Manfaat sungai bagi kehidupan manusia
Sungai juga bisa di jadikan tempat bersantai
  1. Sungai alam, Sungai ini sudah ada sebelum manusia ada, jadi tuhan menciptakan beberapa ciptaan yang sangat banyak manfaatnya salah satunya ialah sungai.
  2. Sungai buatan, Sungai ini notabene di buat oleh para tangan manusia dengan alat-alat canggih, yang mana dalam pembuatan sungai tersebut ada juga beberapa tujuan salah satunya untuk irigasi sawah para petani, jika di daerah persawahan tanpa adanya sungai yang bisa di gunakan sebagai media irigasi tentu para petani akan kesulitan untuk menyirami tanaman seperti padi dan lainnya, jika tanpa adanya sungai mungkin bisa memanfaatkan persawahan jika dalam musim penghujan, namun jika ada sungai para petani bisa bertani menanam padi walaupun pada musim panas.

4 Manfaat sungai bagi manusia

Dari pembahasan di atas sudah tersinggung dari beberapa manfaat dari sungai yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai media irigasi

Bagi para petani sawah bisa memanfaatkan sungai untuk menjadi media irigasi persawahannya sehingga walaupun pada saat musim panas tetap bisa bercocok tanam.

2. Kebutuhan hidup

Sebagai manusia tentu membutuhkan yang namanya air, jika kita bisa mengambil manfaat air dari sumur bagaimana jika pada saat kemarau yang kebanyakan sumur-sumur akan menyurut airnya (java : sat) tentu kita akan kesulitan mencari air, berbeda jika di daerah anda ada sungai maka bisa memanfaat air sungai untuk kebutuhan hidu seperti mencuci pakaian dan lain sebagainya, namun sungai yang bisa dijadikan sebagai kebutuhan hidup ini tentu jenis sungai yang bersih.

3. Bisa menghasilkan ikan

Sugai yang bebas dari pencemaran maka akan otomatis banyak ikan karena kebanyakan air sungai akan berhenti di laut dan ikan-ikan laut pun ada juga yang sedikit demi sedikit beradaptasi dengan air tawar seperti sungai dan ahirnya ikan-ikan akan naik ke sungai.

4. Media transportasi

Jika sungai terbilang besar maka sungai bisa di jadikan sebagai salah satu media transportasi seperti sungai musi yang hingga saat ini tetap exist dijadikan sebagai media ternsportasi air.

Demikianlah beberpa manfaat dari sungai yang bisa saya petik, sebenarnya masih banyak lagi darimanfaat sungai, anda bisa menambahkan pada kolom komentar untuk partisipasi kita dalam menjaga sungai.

Manfaat sungai bagi kehidupan manusia

Cara menjaga sungai dari pencemaran

Sungai yang telah tercemar maka sungai tidak bisa di gunkan lagi sebagai kebutuhan hidup seperti mencuci, memasak dan lain sebagainya karena air air sudah berubah. pencemaran tersebut bisa terjadi karena bermacam-macam seperti karena limbah pabrik, sampah dan lain sebagainya, jadi jika anda sayang pada anak cucu kita maka mari kita jaga kelestarian sungai dengan cara sebagai berikut:

  1. Jangan membuang sampah terutama sampah yang tidak bisa terurai seperti plastik ke dalam sungai, sepertinya hal ini sepele namun akibatnya akan menjadi dosa besar karena telah merusak alam.
  2. Bagi perusahaan sebaiknya mengantisipasi limbah pabriknya agar tidak mencemari air sungai seperti membuatkan tempat limbah tersendiri agar tidak sampai mengaliri sungai, saya rasa modal untuk membuatkan tempat limbah tersa ringan jika sudah sekaliber peusahaan.
  3. Jangan membuang kotoran manusia ke sungai
  4. hal ini sering terjadi kususnya di perkotaan yang mana kotoran dari wc dan selokan akan tumpah ruah ke sungai jadi membuat sungai menjadi kotor, jadi sebaiknya anda membuatkan lubang tersendiri untuk tempat pembuangan kotoran jika anda sayang anak cucu.

Demikianlah sharing tentang manfaat sungai serta antisipasi dari pencemaran yang perlu anda ketahui. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat sungai bagi kehidupan manusia"

Post a Comment

Silahkan di komentari